Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Yang Wajib Diketahui

8:40 AM
Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Yang Wajib Diketahui
Dasar-dasar Pemrograman

Mengenal dasar-dasar pemrograman yang wajib diketahui-memasuki dunia yang serba canggih ini tentunya membuat kita semakin terbantu akan kemajuan teknologinya yang serba pesat. seperti contohnya jika agan atau sista dirumah ingin berbelanja tetapi sangat malas untuk pergi keluar (Misalkan sedang sakit) maka agan tidak perlu ribet-ribet untuk menyuruh orang lain, karena sekarang bisa dengan mengunjungi salah satu website online shop dengan cara mengklik dan bayar, contoh lainnya misalkan agan ingin pergi ke sebuah tempat dengan terburu- buru dan tidak bisa berlama-lama mencari kendaraan ojek, karena kemajuan teknologi saat ini sudah begitu pesat, maka kita bisa menggunakan aplikasi ojek online yang sangat membantu agan dalam mencari kendaraan menuju tempat. Itulah contoh kemajuan teknologi dalam bidang website dan aplikasi yang banyak digunakakan saat ini, nah jika ngomong-ngomong soal website dan aplikasi pasti agan-agan dirumah sudah tahu kan begitu rumitnya dalam pembuatan kedua hal tersebut, apalagi jika masih pemula seperti saya. Kenapa membuat website dan aplikasi itu sulit ?, karena menurut admin untuk membuat sebuah website atau aplikasi, kita perlu memahami bahasa-bahasa pemrograman yang cukup rumit bahkan perlu bertahun-tahun untuk mempelajarinya. tapi tenang, asalkan punya keinginan untuk belajar dan keyakinan yang kuat, admin yakin tidak butuh waktu lama untuk memahami dan mempraktekannya. Seperti semua orang pada umumnya jika kita ingin belajar maka harus dimulai dari dasarnya, oleh karena itu mari kita mengenal dasar-dasar pemrograman yang wajib diketahui dalam artikel ini yang sudah admin rangkum.

Menurut salah satu media terpercaya Wikipedia, pemrograman adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki debug, dan memelihara kode dalam membangun suatu program komputer. Proses menulis yang dimaksud ialah penulisan kode syntax yang sesuai dengan bahasa pemrogramannya. Untuk agan-agan yang baru mengenal dunia pemrograman pasti bertanya-tanya, apa itu syntax ?, bagaimana cara kerjanya ?, tapi jangan bingung dulu gan, nanti semuanya akan admin bahas kok. nah secara umum konsep dasar pemrograman adalah IPO (Input Proses Output) dan kemudian dikembangkan menjadi beberapa tahap siklus pengolahan data. Untuk lebih jelasnya bisa agan simak dibawah ini.


Dasar-dasar pemrograman yang wajib diketahui


1.Siklus pengolahan data pada komputer

Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Yang Wajib Diketahui

A. Origination
merupakan tahap yang berhubungan mengenai proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (Recording) data ke dokumen dasar.



B. Input
merupakan tahap proses memasukan data ke dalam perangkat komputer lewat alat input/ input device



C. Processing
merupakan tahap pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemrosesnya, yang bisa berupa proses menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan atau mencari storage.



D. Output
merupakan tahap proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output/ output device, yang berupa informasi.



E. Distribution
merupakan tahap proses distribusi output kepada pihak yang membutuhkan informasi.



F. Storage
merupakan tahap proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (Storage). Hasil pengolahan yang disimpan pada storage dapat digunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.


2. jenis-jenis tipe data/ data type

A. Tipe data primitive (Sederhana)
merupakan tipe data yang mampu menyimpan suatu nilai tiap satu variabel, tipe data ini juga bisa disebut sebagai tipe data dasar yang sering dipakai oleh program.

Tipe data dasar dibagi menjadi beberapa bagian yakni :
  • numerik, penyimpanan data berupa angka.
  • Enumerasi, suatu urutan list dari beberapa nilai yang berbeda.
  • Boolean, tipe data yang mempresentasikan True atau False.
  • Character, tipe data yang menyimpan rangkaian karakter.

B. Tipe data Terstruktur
merupakan tipe data campuran dari beberapa tipe data dasar.

C. Tipe data Pointer
merupakan variabel khusus yang berisi suatu address (Alamat) di lokasi lain dalam memori. 

Tipe data ponter juga memiliki du macam yaitu:
  • typed, yaitu pointer yang menunjukan pada tipe data tertentu pada variabel.
  • generic, yaitu pointer yang tidak menunjukan tipe data tertentu pada variabel.


3. Faktor penting dalam bahasa pemrograman

A. Sintaks
merupakan aturan penulisan tata bahasa yang dimengerti komputer.

B. Semantik
merupakan definisi arti dari program yang benar secara sintaks dalam bahasa tersebut.

C. Kebenaran logika
merupakan sesuatu yang berhubungan dengan benar atau tidaknya urutan statement.


4. macam-macam tipe bahasa pemrograman

Selain ketiga hal di atas agan juga diwajibkan untuk mengenal tipe-tipe bahasa pemrograman, yang sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah program. adapun tipe-tipe bahasa pemrograman tersebut akan admin bahas secara singkat diantaranya :

A. Procedural Programming (pemrograman prosedural)
berupa Algoritma yang berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah

B. Structured Programming (Pemrograman Terstruktur)
merupakan tipe data yang dapat digunakan untuk menampung lebih dari satu data dalam variabel sehingga mudah untuk saling berhubungan dan bisa disusun dalam satu struktur.

C. Modular Programming (Pemrograman Modular)
merupakan pemrograman yang besar serta cenderung sulit dan banyak bagian dengan hubungan yang rumit.

D. Function Programming (Pemrograman Fungsional)
merupakan suatu bahasa yang mana setiap ekspresi disusun atas fungsi panggilan, bukan pernyataan.

E. OOP/Object Oriented Programming (Pemrograman Berorientasikan Objek)
merupakan paradigma pemrograman yang popular hingga saat ini yang telah menggantikan teknik pemrograman berbasis prosedur.

F. Pemrograman Visual
merupakan pemrograman yang menggunakan ekspresi visual seperti grafik, gambar, dan ikon. Bahasa.



5. Aspek Pemrograman

Untuk suatu pembuatan program dan pengolahan data di perlukan beberapa aspek-aspek pemrograman dasar diantaranya yaitu :

A. Software
Suatu rangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Contohnya, aplikasi software, sistem software, dll.

B. Hardware
Suatu rangkaian unsur-unsur yang terdiri atas beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Contohnya, CPU, Harddisk, Ram, dll.

C. Brainware
Untuk yang satu ini beda dari kedua aspek diatas, karena brainware merupakan tenaga pelaksananya yang menjalankan serta mengatasi sistem unit komputer baik hardware maupun software didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Contohnya, Programmer, Operator, dll.



6. Kriteria Bahasa Pemrograman

A. Kewajaran untuk aplikasi
yaitu bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-opersasi , struktur kontrol dan syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.

B. Clarity, Simplicity dan Unity
yaitu kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi dasar yang membantu programmer mengembangkan suatu algoritma.

C. Kemudahan untuk verifikasi program
dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan juga dikembangkan.

D. Orthogonality
merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan berbagai fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan, portabilitas program.

E. Mendukung Abstraksi
merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk mencari suatu solusi dari masalah yang dihadapi.

F. Lingkungan pemrograman
lingkungan pemrograman dapat berarti editor yang digunakan ataupun tools lain yang dapat digunakan sebagai pihak ke tiga untuk memudahkan pekerjaan programmer.

G. Biaya penggunaan, terdiri dari :
  • biaya kompilasi program
  • biaya penciptaan, testing dan penggunaan program.
  • biaya eksekusi program
  • biaya pemeliharaan program


7. Tingkatan Bahasa Pemrograman

Salah satu instruksi untuk memerintah komputer atau yang lebih sering disebut Bahasa Pemrograman mempunyai tingkatan tersendiri, diantaranya yaitu :

A. Bahasa Tingkat Tinggi
Merupakan bahasa pemrograman generasi ke tiga, bahasa yang masuk tingkat ini adalah bahasa yang mendekati bahasa manusia dan sudah terstruktur dengan baik,. seperti contohnya, Visual Basic, Java, Pascal dan lainnya.

B. Bahasa Tingkat Menengah
Merupakan bahasa pemrograman generasi ke dua, dapat disebut tingkat menengah karena bahasa ini bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi ataupun rendah, . Seperti contohnya Bahasa C.

C. Bahasa Tingkat Rendah
Untuk bahasa pemrograman generasi pertama ini merupakan bahasa pemrograman yang sangat sulit dimengerti, karena perintahnya menggunakan bahasa mesin. Seperti contohnya SUB, CMP, JGE, dll.

Itulah beberapa dasar-dasar pemrograman yang wajib diketahui, Silahkan agan pelajari, dan praktekan tentunya. perlu dicatat bahwa point-point diatas admin bahas secara singkat dan terangkum ya gan. Jika menurut agan artikel ini membantu, maka jangan segan-segan untuk dishare


Terima Kasih sudah membaca artikel Mengenal dasar-dasar pemrograman yang wajib di ketahui semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

22 comments

  1. penjelasan nya lengkap nih lumayan buat refrensi ane belajar bahasa pemrograman

    ReplyDelete
  2. sebenarnya dasar ini yg palng penting

    ReplyDelete
  3. Wah, ada beberapa yang baru saya tahu gan.. makasih infonya..

    ReplyDelete
  4. Penjelasannya sudah cukup lengkap dan detail gan. Mngkin bisa diringkas lagi tapi jangan samoai menhurangi kualitas isi nya. Sangat bermanfaat gan. Untuk nambah wawasan dan pengetahuan

    ReplyDelete
  5. Wah boookmark dulu gan . Btw sadis materinya

    ReplyDelete
  6. Makasih banget ilmunya gan. IJIN SHARE

    ReplyDelete
  7. Berat yah jadi programer. Tapi itu harus dilakuin :'v

    ReplyDelete
  8. Hmm.. dasar-dasar programmer ini penting ya sebelum lanjut ke tahap lebih tinggi

    ReplyDelete
  9. Menurutku juga penting untuk mengetahui dasar" pemrograman karena pemrograman juga gak bisa instan jadi bertahap juga gak bisa di mulai dari tengah ;)

    ReplyDelete
  10. dulu ketika saya suka TI, saya sudah pernah mepelajari dasar dasar pemograman seperti yang di jelaskan agan tadi, saya menjadi ingat saat belajar pemograman. makasih gan

    ReplyDelete
  11. Wwah pas banget nih gan. Kebetulan saya baru mau masuk kuliah dan mengambil jurusan TI gan. Makasih infonya gan.

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata gak sedikit ya dasar dasar programming yang wajib di ketahui. Makin semangat busat belajar programming nih.makasih min.

    ReplyDelete
  13. saya sudah bisa pemrograman tapi gx begitu pro, tapi lumayan bisa jadi buat pertimbangan untuk pemula belajam pemrograman

    ReplyDelete
  14. memang ada banyak hal-hal dasar yang perlu diketahui sebelum melakukan pemrograman, tapi ini tidak boleh diskip, gagal paham di dasar, maka akan sangat sulit mengikuti, ini pengalaman pribadi. Masing-masing bahasa pemrograman akan berbeda, tapi dasar logikanya sama, mau pakai C#, C++, Pascal, Java dan lainnya, hal-hal dasarnya tetap sama.

    ReplyDelete
  15. mantab artikelnya gan. lengkap, jelas, mudah dimengerti, wow dah pokoknya. huh, segini aja baru dasarnya, emang dah yang namanya belajar ntuh butuh waktu dan proses. thanks infonya sangat membantu dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  16. Makasih ya min infonya sangat membantu saya dalam belajar pemrograman nih

    ReplyDelete
  17. pas banget nih soalnya saya mau mulai belajar pemrograman, artikel ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  18. Infonya bermanfaat Gan bagi saya anak RPL :D

    ReplyDelete

  19. Great work! This is the type of info that should be shared across the web. Shame on Google for now not positioning this put up upper! Come on over and talk over with my web site . Thanks =) yahoo mail login

    ReplyDelete